Mitos konsumsi alkohol dapat melumpuhkan sel otak ternyata tidak benar. Menurut sebuah artikel ilmiah di jurnal Popular Science terbaru, alkohol sama saja seperti bahan-bahan fermentasi lainnya, yang jika dikonsumsi dalam kadar tinggi berisiko melemahkan fungsi sel pada otak.

Riset yang dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Denmark itu juga menemukan bahwa jumlah pita neuron sama saja pada mereka yang mengonsumsi alkohol dan mereka yang tidak. Namun, hasil penelitian tersebut tidak menampik bahwa ketika seseorang mabuk karena alkohol, maka kinerja otaknya menurun. Hal ini lebih disebabkan kepada tersumbatnya aliran oksigen dalam darah ke otak, sehingga kemampuan analisa dan berpikir jernih pun menurun.

Meskipun begitu, diingatkan pula bahwa konsumsi alkohol berlebih, apalagi hingga kecanduan, dapat berisiko merusak area putih dan abu-abu pada otak yang berfungsi sebagai reseptor. Jika fungsi reseptor pada otak tidak berjalan maksimal, maka daya fokus pun menurun dan berbalik mendorong peningkatan emosi dalam memandang situasi.

Oleh karena itu, bersikap tanggung jawablah dalam mengonsumsi alkohol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!