Orang penting atau VVIP biasanya menggunakan kendaraan yang tingkat keamanannya super kelas wahid. Sebab harga nyawa orang penting ini memang begitu mahal. Contohnya seperti sebut saja presiden, petinggi partai, bos perusahaan dll. mereka akan menggelontorkan ratusan miliar untuk membeli kendaraan yang terjamin keamanannya.

Salah satunya adalah seperti mobil mobil lapis baja anti peluru. Ini menjadi penting karena sebagaimana sejarah mengajarkan, salah satu presiden amerika John F Kennedy tewas di tembak dalam sebuah mobil.

Berikut ini daftar kendaraan lapis baja paling mahal di dunia, yang kami rangkum dari beberapa sumber: Harganya akan kita kurskan ke rupiah dengan kurs saat ini di kisaran 13.700 rupiah

 

1. Lexus LS 460 L – $300K (Rp. 4.123.500.000)

Lexus LS 460 L secara sempurna menggabungkan desain berupa garis yang nampak gagah dengan berbagai fitur keamanan lapis baja dan non-lapis baja. Kendaraan ini didesain dan diproduksi oleh INKAS, sebuah produsen mobil spesialis kendaraan-kendaraan taktis lapis baja yang sudah memproduksi berbagai macam tipe di pasaran.

Bobot LS 460 ini tergolong berat, tapi mampu berlari cepat ketika di jalanan. Mesin yang digunakan mampu mengeluarkan 389 tenaga kuda dengan transmisi otomatis delapan kecepatan. Kabin penumpang juga dapat menahan peluru hingga ledakan granat. Secara keseluruhan kendaraan ini dibuat menyerupai Lexus pada umumnya. Sehingga tak seorang pun akan tahu jika mobil ini memiliki jubah besi bermutu tinggi, ketika mereka melihatnya melintasi jalanan.


2. BMW 750 Li Sedan – $340K (Rp. 4.673.300.000)

BMW 750Li Sedan hadir dengan mesin V8 yang mampu menghasilkan 400 tenaga kuda untuk menambah kecepatan dan kekuatan untuk membawa ratusan pon lapisan baja balistik.

Banyak mobil lapis baja hanya melindungi kursi belakang atau bagian penumpang utama saja untuk mengurangi biaya produksi. Namun tidak halnya dengan 750Li ini. Karena mobil ini melindungi seluruh bagian kendaraan, termasuk bagian penumpang kursi depan dan tempat duduk sopir juga sama-sama aman. Bahkan bagian knalpot juga ada lapis baja, selain itu juga baterai, radiator, spatbor depan, dan tangki bahan bakar . Suspensi juga diperkuat pada semua bagian agar dapat digunakan pada segala medan.

 

3. Cadillac Escalade ESV – $350K: (Rp. 4.810.750.000)

:Satu-satunya hal yang lebih baik dari Cadillac Escalade adalah diluncurkannya tipe kendaraan lapis baja Escalade ESV. Becker Automotive Design berusaha seirit dan seefisien mungkin dalam merancang interior yang mewah, jok kulit, peralatan kantor, termasuk layar datar besar.

ESV dirancang dari bawah ke atas dengan menggunakan sasis kekuatan ekstra. Becker kemudian menambahkan perlindungan balistik sekitar eksterior dengan lapisan baja dan kaca 40mm yang dapat menahan tembakan peluru. Platform ESV ini terbentang dengan tambahan 20 inci untuk ruang interior agar didapat luas yang maksimal. Terakhir, ada banyak komponen balistik lainnya di seluruh bagian body untuk perlindungan yang maksimal.

 

4. Mercedes-Benz S-Guard – $400K: (Rp. 5.498.000.000)

Kelas Mercedes Benz dari mobil lapis baja adalah di antara beberapa mobil sejenis yang paling populer di pasaran. Di samping mempertahankan daya tarik yang stylish, kendaraan ini juga ditanamkan beberapa fitur lapis baja untuk memperkuat seluruh bagian eksterior. S-Guard terlihat rapi, namun tidak akan mudah hancur jika sang pengendara mendadak diserang.

Apapun alasannya, mungkin bagi seseorang yang ingin memiliki salah satu dari mobil-mobil lapis baja, mereka akan senang jika mengetahui bahwa model S -Guard ini akan menghentikan tembakan yang terus menerus dari senapan mesin jenis M60. Dalam kasus serangan gas, S -Guard juga memiliki sistem oksigen tersendiri yang akan menutup ventilasi eksterior dan memberikan udara segar di seluruh ruangan interior. Jendela kaca panel ganda juga akan melindungi penumpang dari serangan gas.

 

5. Knight XV – $629K: (Rp. 8.645.605.000)

Knight XV adalah kendaraan andalan keluaran Conquest Vehicles, salah satu manufaktur kendaraan lapis baja paling terkemuka di dunia. Menurut Conquest, XV SUV adalah salah satu produk terbaik. Kendaraan ini menjadi sangat jarang karena produksi telah dibatasi hanya 100 kendaraan saja. Kendaraan ini mengadopsi mesin V10, desain kelas militer, dan jubah besi berkekuatan tinggi yang dibangun sejak awal produki.

Knight XV juga dipersenjatai dengan kedua jenis kaca tahan peluru berupa transparan dan buram untuk kaca-kacanya, hingga campuran balistik aluminium dan logam komposit yang membalut seluruh body. Lebih dari fitur lapis baja itu, pada dasarnya kendaraan ini merupakan sebuah kemewahan kamar hotel di atas roda. Karena bagian interior dilengkapi dengan TV satelit, bar, pendingin ruangan, pemanas jok, kotak hitam, dan pusat media hiburan.

 

6. Huron APC – $630K (Rp. 8.659.350.000)

Alih-alih ingin menyembunyikan fitur lapis baja dengan menyerupai mobil mewah, mengapa tidak memamerkannya kepada mereka yang berniat untuk melukai atau bahkan membunuh anda dengan menunjukkan kepada mereka apa yang sedang mereka hadapi? Huron APC adalah kendaraan serang dan pertahanan yang akan melakukan semuanya itu.

Kendaraan ini besar dan dapat berdiri menahan serangan amunisi berat, termasuk amunisi senapan mesin sekelas M80. Lantai kendaraan dapat menahan granat dan persenjataan ledakan, sementara anggota tim keamanan dapat mengoperasikan senapan mesin yang terletak di bagian atapnya. Kendaraan lapis baja ini dirancang lebih untuk pertahanan militer daripada penggunaan pribadi. Namun, untuk penggunaan pribadi, kendaraan ini mampu memuat tim keamanan pada bagian dalamnya.

 

7. Audi A8 Security – $700K (Rp. 9.621.500.000)

Body Audi A8 Security sepenuhnya lapis baja, tapi itu akan sulit bagi siapa pun untuk melihatnya. Karena kendaraan Ini dirancang benar-benar menyerupai kemewahan Audi pada umumnya. Pada sisi lain, mobil ini sudah disertifikasi oleh German Ballistics Testing Center yang membuktikan bahwa paduan aluminium khusus (selain baja dan keramik) benar-benar tahan peluru untuk VR 7 standar balistik.

Menurut Audi, proses manufaktur dikerjakan oleh pekerja khusus di daerah yang sangat aman. Para pekerja difokuskan untuk bekerja lebih dari 400 jam untuk menyelesaikan komponen-komponennya.

Tubuh mobil dapat menahan hampir seluruh serangan tembakan. Bagian jendela yang terbuat dari lapisan polikarbonat mampu menghambat atau menangani kekuatan ledakan. A8 juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli, termasuk sinyal LED, detektor asap, jaringan radio digital, dan sirene.

8. Mercedes-Benz G63 AMG – $1M (Rp. 13.745.000.000)

Mercedes -Benz G63 AMG dikabarkan sebagai salah satu limusin lapis baja terbaik serta terlengkap yang tersedia di pasaran. Diproduksi oleh INKAS, G63 AMG hadir dengan dilengkapi beberapa upgrade untuk kedua sisi baik eksterior maupun interior, memadukan keamanan dan kemewahan menuju level yang baru.

Fitur dari kendaraan ini di antaranya black matte untuk warna interior kulit, lampu yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, kaca antipeluru, kamera pengintai serta segudang fitur lainnya. Pemilik kendaraan jutaan dolar ini bisa istirahat tenang ketika mengetahui bahwa mereka sepenuhnya aman berada di dalamnya. G63 AMG membekali diri dengan perlindungan berlapis, seperti sekat belakang, penangkap peluru, perlindungan tangki bahan bakar, dan berbagai fitur tambahan lainnya. Sehingga perimeter penumpang benar-benar terlindungi. Tak ketinggalan lantai lapis baja, yang dirancang mampu menahan ledakan dan pecahan peluru.

 

9. Cadillac One “The Beast” – $1.5M (Rp. 20.617.500.000)


Jika ingin menyebut kendaraan lapis baja harus disertakan pula mobil lapis baja paling ikonik di dunia. Cadillac One yang penuh cinta dijuluki ” The Beast “, satu-satunya mobil yang digunakan untuk mengangkut Presiden Amerika Serikat. Kendaraan yang berharga sekitar $ 1,5 juta, The Beast dilengkapi dengan tangki bahan bakar berlapis baja terbungkus dalam busa tahan api, sistem pencegah kebakaran, pasokan oksigen terpisah, dan senjata ekstra di bagasi.Jubah pelindung spesial yang ditempa dari baja, aluminium, titanium, dan keramik, menjadikannya begitu berat sehingga orang normal hampir tidak mungkin dapat membuka pintu dari luar. Tentu saja, The Beast membawa sistem sendiri dalam berkomunikasi yang terenkripsi. Seperti dalam kasus Presiden yang pernah terjebak dan perlu memanggil bantuan dari dunia luar.

 

10. Kombat T98 – $1.5M (Rp. 20.617.500.000)

Dartz, produsen mobil asal Rusia, telah meluncurkan Kombat T98 seharga $ 1.5 juta, bersama-sama dengan The Beast sebagai kendaraan lapis baja yang paling mahal di daftar ini. SUV lapis baja ini begitu mewah karena seluruh interiornya berlapis dengan 100 % kulit ikan paus.

Menurut website resmi-nya, T98 sangat populer di kalangan tokoh-tokoh politik Rusia dan pangeran Eropa. Tidak ada yang mampu menghentikan orang-orang super kaya dari membuatnya menjadi tokoh utama dalam konvoi pribadi mereka. Selain berlapis kulit paus, T98 juga dilengkapi dengan fitur pengukur suhu yang terbuat dari emas putih bertatahkan berlian serta tepian jendela yang berlapis emas juga.

Kendaraan lapis baja ini langsung dihadirkan dari produsennya, lengkap dengan jubah baja yang tahan peluru dan tahan ledakan, yang berguna untuk melindungi mesin V8 kapasitas 8.1 liter dan tentu saja para penumpang yang berharga di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!