Bagi Anda yang baru saja menyelesaikan study dan mulai memasuki dunia kerja ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam memenuhi kebutuhan finansial Anda. Terlebih jika Anda lajang, dan memiliki rencana kedepan untuk melangkah kejenjang pernikahan, cepat atau lambat Anda harus mempersiapkan rencana keungan Anda sedini mungkin. Lagipula, Anda tidak bisa membelanjakan dan menghabiskan uang tanpa konsekuensi.

Jika Anda tidak ingin berakhir menjadi jomblo yang bangkrut, maka di sini ada beberapa tips mengelola uang yang akan membawa Anda dari kehidupan lajang yang boros ke dalam kondisi finansial yang bagus.

Sebelum membaca terus, ingatlah bahwa Anda jauh lebih keren jika memiliki uang untuk pergi kencan atau liburan dengan kekasih daripada mengeluh dan bangkrut. Dan memang banyak godaan bagi lelaki lajang untuk hangout  bersama rekan kerja sepulang kantor, kecuali Anda benar-benar memiliki finansial yang mapan, tapi inipun sulit untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri jika Anda adalah lajang yang ingin menghindari menjadi jomblo yang bangkrut adalah menetapkan anggaran bulanan pribadi.

Lihatlah di mana Anda membelanjakan uang dan kemudian mengalokasikan jumlah tertentu untuk tujuan masing-masing. Cobalah untuk menabung kapanpun Anda bisa. Apakah Anda benar-benar membutuhkan segelas cappuccino setiap pagi atau secangkir kopi dari rumah sudah cukup ? Dapatkah Anda sedikit membatasi pengeluaran untuk ke restoran?

Menetapkan anggaran bulanan pribadi dapat menghindari Anda menjadi jomblo yang bangkrut.

Keuntungan lain menetapkan anggaran bulanan adalah bahwa Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih rinci tentang kemana aliran uang Anda setiap bulan yang pada gilirannya, Anda bijak mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam menggunakan uang, saat ini atau esoknya.

Hal terbaik kedua yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri adalah menghindari pembelian mendadak. Mungkin menetapkan anggaran akan membuat Anda sadar kemana uang Anda pergi, tetapi Anda juga harus menghindari mengeluarkan uang yang telah Anda alokasikan untuk tujuan tertentu untuk pembelian dadakan.

Sebaliknya, sadari semua pilihan yang Anda buat. Jika Anda berpikir Anda benar-benar ingin Cardigan misalnya, tunggu seminggu. Jika Anda masih menginginkannya, cari penjualan dengan diskon terbaik yang bisa Anda dapatkan. Anda akan punya tambahan yang bagus untuk lemari pakaian Anda dan mungkin menghemat daripada jika Anda membeli karena lapar mata.

Terakhir, cari bimbingan dari seseorang yang lebih tua dan lebih bijaksana dari Anda. Anda tidak perlu seorang manajer keuangan pribadi atau bankir, tapi coba bertanya pada orang tua untuk beberapa tips tentang uang. Mereka membesarkan Anda bukan? Setidaknya mereka tahu satu atau dua hal bijaksana yang dapat dibagikan pada Anda untuk membantu Anda menjadi seorang pengelola uang yang lebih baik. (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!