Buah kurma (Phoenix dactylifera), adalah tanaman jenis palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat kita. Pasalnya, kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka  puasa, selain kolak atau minuman-minuman segar lainnya.

Buah kurma ditemukan pertamakali di sekitar sungai Nil dan Efrat. Di balik manisnya buah kurma ternyata memiliki khasiat yang mujarab untuk kesehatan tubuh, terutama untuk meningkatkan vitalitas lelaki. Kandungan manis dalam kurma dapat me-recharge energi tubuh.

Konsumsi kurma secara rutin juga baik khususnya bagi lelaki karena mengandung serangkaian mineral dan vitamin yang bisa meningkatkan vitalitas dan produksi sperma.

Menurut  tradisi masyarakat Arab, kurma yang direndam dengan susu kambing semalaman menjadi tonik untuk meningkatkan vitalitas. Mengonsumsi kurma dengan segelas susu juga dikatakan menjadi perpaduan yang bisa meningkatkan energi sepanjang hari.
vitalitasdalam

Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan kandungan mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.

Kurma juga mengandung senyawa alami bernama flavonoid dan estradiol yang mempunyai andil dalam peningkatan jumlah dan pergerakan sperma. Konsumsinya juga menstimulasi pertumbuhan testis dan mengobati ketidaksuburan.

Perpaduan kandungan magnesium, mangan, vitamin B6, niacin dan riboflavin dalam kurma bisa memetabolisasi karbohidrat, protein, dan lemak dan tubuh. Kombinasi ini juga sangat penting dalam pencegah penyakit kronis, terutama peyakit banyak dikhawatirkan pria yaitu kanker prostat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!