Russanti Lubis

*Dari berbagi sumber

Inilaki.com — Pada tahun 1986, Shi Pu dan Boursicot dijatuhi hukuman penjara enam tahun dengan tuduhan spionase. Pada April 1987, Shi Pu diampuni oleh Presiden Prancis François Mitterrand, sebagai bagian dari upaya untuk meredakan ketegangan antara Prancis dan Cina atas apa yang digambarkan sebagai kasus “sangat konyol”. Apalagi, kemudian, diketahui bahwa informasi yang diberikan ke Pemerintah Cina terbukti tidak penting.

“Ia telah melakukan begitu banyak hal terhadap saya, tanpa kenal belas kasihan sama sekali. Saya pikir, adalah tolol jika saya bersedih atas kematiannya. Karena, sekarang, piring itu sudah bersih. Saya telah bebas”.

Setelah mendapat pengampuan, Shi Pu memutuskan tetap tinggal di Paris dan kembali ke profesi lamanya yaitu sebagai penyanyi opera. Di sini, ia memperoleh dan menikmati ketenaran. Di samping itu, ia juga memperoleh tiga cucu dari Shi Du Du.

pei shi pu-3Namun, ia enggan berbagi rincian hubungannya dengan Boursicot, yang dinyatakan bisa untuk memuaskan baik pria maupun wanita. Shi Pu dan Shi Du Du juga tidak lagi berkomunikasi dengan Boursicot. Tapi, beberapa bulan sebelum kematiannya, ia mengatakan masih mencintai Boursicot. Dan, pada 30 Juni 2009, Shi Pu meninggal dunia di Paris dalam usia 70 tahun.

Sementara Bouriscot yang menerima pengampunan pada Agustus 1987, diketahui kembali kepada kekasih lamanya yang tentu saja juga seorang pria. Selain itu, mencoba legowo dengan hubungan yang pernah dijalinnya dengan Shi Pu.

Kala mendengar berita kematian Shi Pu, Boursicot (64 tahun) yang dirawat di sebuah panti jompo di Prancis hanya berkomentar, “Ia telah melakukan begitu banyak hal terhadap saya, tanpa kenal belas kasihan sama sekali. Saya pikir, adalah tolol jika saya bersedih atas kematiannya. Karena, sekarang, piring itu sudah bersih. Saya telah bebas”.

Di sisi lain, Boursicot secara koperatif memberi informasi kepada Joyce Walder, wartawan yang sedang menyusun buku tentang hubungan Shi Pu dan Boursicot. Buku itu diberi judul Liaison. Dalam wawancara panjang itu, Boursicot berkomentar tentang hubungan mereka, “Ketika saya percaya itu adalah cerita yang indah”. (Tamat)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!