Russanti Lubis

⃰dari berbagai sumber

 

Inilaki.com — Peristiwa pembunuhan yang dilakukan Menendez bersaudara terhadap kedua orang tua mereka menjadi sensasi nasional, ketika Court TV menyiarkan persidangan yang berlangsung pada tahun 1993 itu. Bahkan, Leslie Abramson, pengacara mereka yang masih berhubungan keluarga, pun ikut terkenal. Karena, ia membela kedua kliennya dengan gaya flamboyan, dengan menyatakan bahwa kedua bersaudara itu melakukan pembunuhan lantaran dipicu oleh pelecehan yang dilakukan Ayah−Ibu mereka sepanjang umur mereka.

Termasuk, pelecehan seksual yang dilakukan Jose, Ayah mereka yang digambarkan sebagai kejam, perfeksionis, tidak berperasaan, dan seorang pedofil. Sementara Kitty, digambarkan sebagai Ibu yang egois, mentalnya tidak stabil, pecandu narkoba dan alkohol, membiarkan suaminya melakukan pelecehan terhadap mereka, dan kadang-kadang juga melakukan kekerasan terhadap mereka.

menendez banding2

Meski, teori pembelaanya yang mengacu pada berbagai catatan kriminal yang pernah dilakukan Lyle dan Erik, bertentangan dengan teori tentang “usaha meloloskan diri dari kekejaman orangtua”, sidang tetap berakhir dengan dua juri menemui jalan buntu.

Juri mengatakan bahwa pembelaan pelecehan bukan faktor yang menjadi pertimbangan mereka. Juri tidak setuju dengan hukuman mati, karena keduanya tidak memiliki catatan kejahatan atau sejarah kekerasan.

Gil Garcetti, Jaksa Wilayah Los Angeles, mengumumkan bahwa kedua bersaudara itu akan segera disidang lagi. Tapi, sidang kedua itu agak kurang publikasi, karena Hakim Stanley Weisberg tidak mengizinkan kamera berada di ruang sidang.

Dalm sidang kali ini, Lyle dan Erik dinyatakan bersalah karena dua tuduhan yaitu pembunuhan tingkat pertama dan konspirasi untuk melakukan pembunuhan. Saat hukuman akan ditetapkan, juri menolak hukuman mati untuk mereka, tapi merekomendasikan penjara seumur hidup.

Juri mengatakan bahwa pembelaan pelecehan bukan faktor yang menjadi pertimbangan mereka. Juri tidak setuju dengan hukuman mati, karena keduanya tidak memiliki catatan kejahatan atau sejarah kekerasan.

Dan, berbeda dengan persidangan sebelumnya, juri dengan suara bulat menolak teori pembelaan bahwa kedua bersaudara itu membunuh orangtua mereka karena takut. Juri yakin jika pembunuhan itu dilakukan dengan maksud menguasaiharta orang tua mereka.

Pada 2 Juli 1996, Hakim Weisberg menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat kepada Lyle dan Erik Menendez. California Department of Corrections memisahkan Menendez bersaudara. Mereka pundikirim ke penjara yang berbeda. Keduanya diklasifikasikan sebagai tahanan dengan keamanan maksimum dan dipisahkan dari tahanan lain.

Sekadar informasi, saat fase hukuman percobaan, Pengacara Leslie Abramson diduga diarahkan saksi yang membela, dr. William Vicary, untuk mempermak catatannya.Tapi, kantor jaksa wilayah memutuskan untuk tidak akan menyelidiki pelanggaran tersebut.

Sementara Lyle dan Erik mengajukan mosi pembatalan sidang. Mereka mengklaim bahwa “kerusakan” yang terjadi pada mereka yang masih dapat diperbaiki itu merupakan akibat dari saran yang salah dan representasi tidak efektif dari Pengacara Abramson. — > Next

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!