Mudahnya Bisnis Online

Istilah “perdagangan elektronik” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.

Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melaui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.

the-intent-of-social-media-in-ecommercePada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja. Tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, juga desain situs web yang bagus serta sistem pembayaran realtime online yang terpercaya.

Berikut, faktor kunci sukses bisnis e-Commerce

  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti: kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google dan Paypal.

Data order yang telah diisi oleh calon pelanggan baik melalui shopingcard maupun form email, akan dikirim ke email. Sebagai pengelola sebaiknya sering melihat email atau mengecek data base order manager di dalam situs.

ecomm-thinkstock-100581542-primary-idge

Sistem Kerja Order SMS

Sekarang ada cara yang jauh lebih mudah lagi murah, dengan mengirimkan data order lewat SMS. Caranya sangat sederhana, pada link navigasi dari suatu produk yang ditawarkan jika di klik akan menuju halaman konfirmasi yang menerangkan tata acara pengorderan. Yaitu calon pembeli diminta untuk mengirim pesan singkat (SMS) dari ponselnya sendiri dengan format: KodeProduk, Nama Lengkap, Alamat Lengkap . 

Contoh: 1B223 Haris Reggy Jl. Macan Tutul, No.31 Jakarta Timur .

Kemudian sms di kirim ke nomor yang di taruh di halaman web site, kemudian setelah menerima sms order tersebut, Anda tinggal memberikan konfirmasi cara pembayaran lewat sms melalui dari ponsel. Setelah order dibayar maka pembeli tadi harus mengkonfirmasikannya lewat sms, dan Anda mengecek apakah benar sudah ada transfer yang masuk. Jika sudah, beri konfirmasi bahwa order akan dikirim. Mudah bukan? (Haris M)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!