International Film Competition Festival (IFCOM) telah mengumumkan Film Terbaiknya. Di tahun ke-3nya ini, IFCOM memilih film The Eve asal Italia sebagai pemenang utama. The Eve karya Luca Machnich merupakan film pendek yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang mempunyai impian untuk bertemu dengan Santa Claus. Film semi-horor ini dipilih karena penggabungan warna yang kompleks membuat tiap frame dari film ini indah namun sekaligus memberi kesan mencekam.

Pengumuman ini dilaksanakan di Gedung Manggala Wanabakti, dalam acara Malam Puncak Festival Film Perdamaian dan Kemanusiaan yang dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Ibu Liy Wahid, raja dan ratu dari seluruh Nusantara, sineas-sineas mancanegara, artis-artis ibukota, aktivis dan budayawan tersebut.

Pada tahun 2015, festival ini telah memberikan penghargaan kepada Chris Gero (Produser Hollywood), Robin Shou (Mortal Kombat), Frankie Faison, Nathan East, Eric Clapton, Quincy Jones III, Phil Collins, Lionel Richie, Kenny Loggins, Vince Gill, David Foster, Don Was, Dave Koz, Richard Marx, Al Jarreau, Lee Ritenour, Kenneth ‘Babyface’ Edmonds, Sara Bareilles, Patti Austin, dll.

Sebelum memilih Film Terbaiknya, festival ini telah menerima 106 film dari saat pendaftarannya dibuka tahun lalu. Dari 106 film ini terpilih 5 film yang masuk nominasi Film Terbaik.

Inilah daftar lengkap nominasi Film Terbaik IFCOM:

Cape Espichel – In Land of a Lost World disutradarai oleh Carlos Sargedas

Life Sentence (Cadena Perpetua) disutradarai oleh Jesús Alarcón

Long Way Down disutradarai oleh Ashley Harris

The Eve disutradarai oleh  Luca Machnich

The Mystery of the King of Kinema disutradarai oleh Elio Quiroga

Festival ini bekerja sama dengan festival berskala internasional lainnya seperti; International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality, World Humanitarian Awards, International Tourism Awards dan Documentary & Short International Movie Award.

Festival ini didukung oleh Dewan Kreatif Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Russian Culture Centre, World Film Council, i-Hebat International Volunteers, Radio Republik Indonesia (RRI). (Dohand)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!