Tak sedikit yang tahu apa arti tulisan Monokrom di album ketiga Tulus. Monokrom dalam bahasa Yunani disebut Monochromos. Kata tersebut memiliki arti satu warna. Secara umum istilah ini diartikan sebagai rekaman atau foto yang hanya terdapat satu warna saja, atau bisa saja diartikan berbagai cahaya dalam satu warna. Sama seperti album ketiga Tulus, yang berisi 10 lagu dengan berbagai warna cerita namun terekam dalam satu warna saja— yaitu hitam putih kegalauan hati Tulus.

Tulus - MonokromDikatakan galau, karena album ini berbeda dengan dua album Tulus sebelumnya, terutama album GAJAH (2014) — yang bernuasakan ceria.

Simak, Pamit dan Ruang Sendiri, yang bercerita tentang soal cinta dan kegalauan hati. Bahkan ada yang menyebut di album ketiga ini, Tulus menunjukkan empat sifat yang berbeda — melankolis, plegmatis, sanguinis, dan koleris. Tapi sekali lagi, semua tetap berada dalam satu warna — Monokrom.
Selain ada perubahan dalam tata bertutur, sentuhan musikalitas City of Prague Philharmonic Orchestra, telah memberikan sentuhan berbeda, dengan alunan merdu dan membawa nuansa lebih chill.

Tapi apapun itu, Tulus tetaplah Tulus. Berhasil mencuri perhatian di album debut Tulus (2011), meraih sukses di album kedua — Gajah (2014), Tulus dapat lebih hebat lagi di album Monokrom. (Sumber : hiteria.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!