Salah satu makanan khas Banjarmasin yang banyak digemari suku Banjar adalah mandai, masakan ini terbuat dari kulit buah cempedak atau orang Banjar biasa menyebutnya tiwadak.

Mandai adalah kulit cempedak yang menjadi makanan setelah melalui proses fermentasi. Cara mengolahnya, kulit cempedak yang sudah masak atau matang dikupas bagian kulit berdurinya, lalu dibersihkan. Setelah itu, kulit dibubuhi garam secukupnya kemudian difermentasi dalam tempat tertutup. Selesai proses pemeraman, kulit cempedak yang sudah menjadi mandai menjadi lunak maka siap dimasak menjadi makanan teman makan nasi.

Selain mandai, ada pula makanan lainnya seperti katupat kandangan, dan makanan ringan seperti kue bingka yang terbuat dari kentang, amparan tatak yang terbuat dari tepung dan pisang. Rasanya asin dan manis. Ada pula makanan wajik, apam, undi-undi, untuk-untuk, sarimuka, wadai balapis, cincin, cucur, lamang, cakodok, gaguduh, ronde, ilat sapi, garigit, sasagun, lupis, pais pisang, hintalu karuang, wadai satu, gincil, katupat balamak, bubur sagu, serabi, putri salat, patah, pais sagu, pais waluh, dadar gulung, agar-agar habang, wadai gayam, sarikaya, dan masih banyak lagi.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!