Surga Tersembunyi di Pandeglang yang Wajib Anda Eksplorasi!

Mata Air Citaman yang berlokasi di Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten ini terletak di kaki gunung Pulosari. Mata Air Citanam ini bisa di tempuh hanya dengan waktu 3-4 jam dari Jakarta. Anda bisa melewati akses jalan raya Pandeglang-Labuan. Jika ditempuh dari Pandeglang Kota, Anda bisa melalui jalan Mandalawangi hingga mencapai Kecamatan Jiput. Dari tempat itu Anda bisa meminta bantuan warga sekitar untuk mengantarkan sampai ke wisata alam air Citaman.

Airnya yang sangat jernih dan dingin bisa membuat rileks dan melupakan sejenak rutinitas di ibu kota. Wisata air ini juga mulai dilirik oleh para wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri dan bisa membuat feed instagram Anda lebih keren lagi.

Sedangkan untuk Anda yang berangkat melewati jalur arah Labuan, Pantai Carita dan Pantai Anyer ada jalan tikus yang bisa kamu lalui menuju Kecamatan Jiput. Opsi akses terakhir yang bisa Anda lalui adalah lewat Menes. Dari Menes Anda harus melewati Pasar Jiput terlebih dahulu. Lalu untuk sampai ke Mata Air Citanam, kamu hanya bisa berjalan kaki melintasi sawah-sawah dan perdesaan. Andapun akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri dan alami. Dijamin kamu pasti ingin berlama-lama di tempat ini.

Kolam mata air ini konon sudah ada sejak zaman sebelum Masehi tepatnya 2.500 tahun lalu. Namun walaupun sudah berumur tua, kejernihan dan kemurniannya masih sangat terjaga hingga kini. Mata air yang keluar dari sela-sela batu di tengah kolam ini memang menjadi daya tarik untuk diselami. Suasana di sekitarnya yang masih asri juga semakin membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini. Letaknya yang jauh dari pemukiman warga dan dikelilingi oleh tanaman kirai menjadikan suasana di tempat ini semakin terasa alami. Banyak yang bilang juga kalau air di tempat ini sangat dingin seperti air es.

Wisata mata air Citanam juga telah menjadi saksi perjalanan peradaban manusia. Hal ini dikarenakan kolam air ini termasuk ke dalam warisan situs purbakala, maka tempat ini dilindungi dengan UU No.5 tahun 1992 tentang Cagar Budaya.

Jadi, kapan mau berlibur ke sana. Mumpung musim kemarau dan hawanya sangat panas, lebih baik Anda berakhir pekan di Mata Air Citanam. Sensasi kesegaran alami yang sayang untuk dilewatkan. (Sumber : http://www.hipwee.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!