Jika Anda sering merasa pusing, goyang dan mual? Anda mungkin terkena vertigo, penyakit yang mempengaruhi lebih dari 40 persen orang di atas usia 40. Kondisi ini berasal dari masalah yang terjadi di telinga bagian dalam, di otak atau sumsum tulang belakang.

“Beberapa orang merasa seperti mereka berputar,” kata Ileana Showalter, MD, dokter telinga, hidung, dan tenggorokan di Pusat Medis Mercy di Baltimore, Maryland. “Yang lain merasa seperti mereka bergerak di perahu. Kebanyakan orang menggambarkan vertigo sebagai perasaan pusing, dan hilang keseimbangan.”

Berikut ini adalah fakta-fakta mengejutkan tentang vertigo yang dapat membantu anda dalam menjaga keseimbangan anda.

1. Vertigo adalah gejala. Vertigo bukanlah sebuah diagnosis, kata Showalter. Kondisi lain yang menyebabkannya. Jadi, anda harus mencari tahu apa yang ada di balik vertigo anda. Kemungkinannya termasuk migrain; tumor atau peradangan telinga bagian dalam; stroke; multiple sclerosis; atau penyakit Meniere, gangguan telinga bagian dalam.

2. Vertigo terdiri dari dua jenis. Vertigo peripheral, yang mempengaruhi sekitar 60 persen orang dengan vertigo, berasal dari masalah di bagian dalam telinga yang mengontrol keseimbangan. Hal ini juga dapat melibatkan saraf vestibular, yang menghubungkan telinga bagian dalam ke batang otak.

Jenis lain adalah vertigo central, disebabkan oleh masalah otak biasanya di batang otak atau otak kecil, bagian dari otak yang mengontrol keseimbangan.

3. Usia dan vertigo memiliki keterkaitan. “Seiring usia kita bertambah, hubungan antara telinga bagian dalam dan bagian otak yang mengatur koneksi menjadi kurang efisien,” kata Showalter. “Jadi, sebagian besar orang [tua] menderita pusing.” Visi, otot dan tulang-yang semuanya membantu kita tetap seimbang-juga melemah. “Jika anda memiliki masalah pinggul dan telinga bagian dalam anda tidak berfungsi sebagaimana biasanya, kedua-duanya dapat menyebabkan masalah keseimbangan,” jelasnya.

4. Vertigo memiliki tingkat keparahan yang beragam. “Beberapa vertigo dapat melumpuhkan” kata Showalter. “Jika anda jatuh dan muntah, anda harus mendapatkan bantuan medis segera.” Itu juga berlaku jika anda memiliki gejala seperti penglihatan ganda, bicara cadel, dan kurang fokus. “Gejala-gejala tersebut bisa menunjukkan stroke.”, kata Showalter.

Jika anda memiliki vertigo ringan sampai sedang yang tidak kunjung sembuh setelah satu atau dua minggu, segera kunjungi dokter anda. Dokter anda mungkin akan memberi elektrokardiogram (EKG) untuk mengecek jantung anda, dan tes darah untuk memeriksa anemia atau ketidakseimbangan elektrolit. Elektrolit seperti natrium dan kalium membantu mengatur sistem tubuh yang dapat mempengaruhi keseimbangan.

“Jika dokter mendapatkan tes tersebut negatif, ia akan merujuk anda ke ahli saraf atau dokter telinga, hidung, dan tenggorokan,” kata Showalter.

5. Beberapa obat dapat menyebabkan vertigo. “Setiap obat yang mempengaruhi sistem saraf pusat” -otak, sumsum tulang belakang, dan syaraf- “dapat menyebabkan pusing,” kata Showalter. Kemungkinan penyebab mungkin termasuk obat tidur, obat anti cemas, dan obat anti-psikotik. Mencampur obat dengan alkohol juga dapat menyebabkan pusing. “Dan penggunaan berat alkohol dapat mempengaruhi keseimbangan secara permanen,” katanya. Menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, perempuan menghadapi risiko kesehatan yang lebih besar jika mereka minum tiga gelas atau lebih alkohol sehari-hari, dan pria jika mereka minum empat gelas atau lebih.

6. Pengobatan bervariasi. Anda mungkin akan menerima diazepam (Valium) lewat pembuluh darah atau dalam bentuk pil; atau meclizine (Antivert) dalam bentuk pil untuk mengontrol perasaan bahwa anda sedang bergerak, kata Showalter.

Jika anda mual dan / atau muntah, dokter mungkin memberikan obat anti-mual seperti ondansetron (Zofran) atau proklorperazin (Compazine), keduanya tersedia dalam bentuk tablet.

Pengobatan lain akan tergantung pada penyebab vertigo anda, kata Showalter. Misalnya, jika anda memiliki pertumbuhan pada saraf vestibular, yang menghubungkan keseimbangan telinga bagian dalam dan gerakan sensor ke otak anda, anda mungkin memerlukan pembedahan atau radiasi. Jika anda memiliki penyakit Meniere, anda mungkin akan diberi obat diuretik yang meningkatkan urin – dan melakukan diet rendah sodium untuk mengurangi cairan di telinga bagian dalam anda.

7. Anda dapat meringankan gejala. Sebelum anda pergi ke dokter, hindari cahaya terang dan suara keras, dan tetaplah diam jika anda bisa. “Jika anda bangkit berdiri dari duduk, tunggulah beberapa detik sebelum anda berjalan,” kata Showalter. “Itu memungkinkan sistem anda kembali keseimbangannya.”

8. Beberapa vertigo hilang dengan sendirinya. Meskipun kadang-kadang vertigo hilang tanpa pengobatan, namun jangan hidup dengan cara seperti itu, kata Showalter: “Merupakan hal yang tidak normal menjadi tidak seimbang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!