Bagi Anda yang sudah keranjingan gadget – gadget freak, dan tidak bisa terlepas dari kecanduan smartphone, tidak ada salahnya sekali waktu Anda melakukan “Digital Detox”.

[dropcap size=big]T[/dropcap]ahukah Anda dengan istilah nomophobia? Fobia atau ketakutan yang berlebih jika sendainya tidak merasakan kedekatan dengan smartphone. Serasa ada yang aneh jika ponsel tidak berada di dekat kita. Kecenderungan selalu mengecek informasi ataupun notifikasi yang datang dari smartphone Anda apakah itu dari sosial media maupun aplikasi yang mengharuskan Anda untuk mengaksesnya membuat kesehatan jadi terganggu.

Kita sejatinya bisa hidup tanpa gadget, namun dalam beberapa tahun terakhir dimana perkembangan teknologi smartphone semakin berkembang, ketergantungan menggunakan gadget banyak terjadi. Ketergantungan menggunakan smartpone bisa merugikan waktu kerja Anda, bisa mengurangi produktivitas (kecuali jika tuntutan bekerja mengharuskan menggunakan gadget).

Maka tidak ada salahnya Anda melakukan digital detox yang cukup mudah dilakukan, diperlukan niat dan kesungguhan hati untuk mencobanya. Berikut manfaat yang Anda dapat dari digital detox.

Rileks Mata

Radiasi yang dihasilkan oleh smartphone membuat mata Anda tegang dan lelah. Belum lagi dari cahaya radiasi layar komputer jika Anda telah bekerja seharian penuh di kantor. Kurangilah waktu untuk menggunakan gadget, jika hal itu terjadi mata akan rileks.

B_DigitalDetox-009-blog-2000x1086Fokus saat Waktu Makan

Kebiasaan memotret makanan sebelum memakannya mungkin menjadi salah satu hobi Anda. Memostingnya di instagram dan segala jenis sosial media yang Anda miliki. Saat makan, mungkin Anda tidak terlalu fokus dengan makanan dan foto makanan yang diposting mendapat respon dari teman-teman Anda di dunia maya. Rasa ingin tahu siapa yang merespon di sosial media secara tidak langsung akan mengganggu waktu makan Anda. Ini sangat tidak sehat, makanan yang seharusnya dinikmati, kini menjadi sia-sia.

Telinga Tidak Sakit

Anda yang sering melakukan komunikasi lewat smartphone, akan membuat telinga sakit. Meski itu dilakukan dengan bantuan earphone, telinga yang terlalu sering melakukan sambungan telepon akan tetap berisiko untuk masalah pendengaran.

Quality Time

Coba tantang diri Anda untuk tidak menggunakan gadget dalam waktu tertentu. Misalnya saat bertemu dengan teman-teman Anda, saat bertemu dengan keluarga di rumah jauhkan ponsel dari tangan. Hal ini berpengaruh sekali terhadap kehidupan pribadi seseorang.

Kedamaian

Otak akan mengalami kedamaian. Tidak ada lagi notifikasi dari sosial media, email yang masuk, SMS, hingga telepon yang memekikkan telinga. Anda akan mendapatkan kedamaian yang seutuhnya.

young cell phone addict man awake at night in bed using smartphoTidur Nyenyak

Jelas, tidak bisa dipungkiri, saat beranjak ke tempat tidur, Anda pasti selalu mengecek atau bahkan yang paling buruk membawa serta ponsel ke balik bantal tidur. Tahukah Anda bahaya yang mengancam dari radiasi ponsel saat tidur? Jauhkan ponsel saat tidur, Jika itu Anda lakukan, maka akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ingatan yang Tajam

Notes pada smartphone memang cukup penting, jika ditinjau dari penggunannya. Namun tahukah Anda, bahwa seseorang mengoperasikan otaknya hanya sebesar 10% saja. Jika dikaitkan dengan tulisan mengenai digital detox ini, seseorang yang melakukan digital detox akan mendapatkan daya ingat yang tinggi, jadi tidak perlu lagi notes di ponsel.

Kurangi Stress

Tingkat stress akan berkurang jika Anda melakukan digital detox. Pengalihan peran yang terjadi pada Anda terhadap smartphone membuat hidup Anda dibayangi stress. Jadi kurangilah penggunaan gadget dan alat digital lainnya. Mulailah hidup sehat, hidup di dunia nyata lebih baik daripada di dunia maya, terlebih dari itu, Anda juga mungkin menyadari bahwa relationship yang sehat lebih baik dilakukan dengan saling bertatap muka. (Dari berbagai sumber)