Lelaki mana yang rela tubuhnya membulat. Mendambakan berat badan ideal, disiplin dan gaya hidup sehat adalah kata kuncinya.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya persoalan berat badan, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat dan pengelolaan diet yang kurang baik.

Hal ini menjadi pemicu  munculnya berbagai kondisi kronis dan kualitas  hidup rendah, seperti  problem pada metabolisme, tekanan darah tinggi, dan kolestrol. Bahkan resiko terburuknya adalah terkena serangan jantung koroner dan stroke.

Ironisnya, jumlah penderita obesitas  dan kelebihan berat badan di Indonesia  cukup besar.  Saat ini Indonesia berada di peringkat 10 dunia dengan rasio penderita satu banding lima. Yang bila tidak diantisipasi, jumlah penderita akan mencapai 21,3 juta jiwa di tahun 2030.

AMWAY BodyKey (2)Itulah yang menjadi tema pada acara perkenalan program BodyKey by Nutrilite™ yang diselenggarakan Amway. Acara yang berlangsung di Kasablanka – Jakarta, beberapa waktu lalu, mengetengahkan dua pembicara Rizal Arnex, Deputy General Manager, Amway Indonesia dan   Kristin L Morris, Ph.D, Senior Research Scientist, Research and Clinical Investigation, Amway.

Memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi belumlah cukup dalam upaya menjaga berat badan tapi juga pola hidup secara keseluruhan. Selain itu yang tak kalah penting adalah perlunya disertai program penurunan berat badan  dengan terapi tingkah laku. Hal ini akan sangat membantu dalam penurunan berat badan dan mengontrol keinginan yang berlebihan.

Menurut  Kristin L Morris, salah satu upaya penurunan berat badan yang dapat dijalani adalah dengan menjalani diet, tapi   bukan sekadar menghitung berapa jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-hari. Diet yang sehat sesungguhnya itu mencakup asupan yang seimbang dan tepat antara protein, lemak, dan karbohidrat.

Ketiga unsur penting itu harus saling melengkapi, dan  tak boleh tertinggal  salah satunya. Manusia butuh karbohidrat yang digunakan sebagai tenaga, protein membuat kenyang lebih lama dan membantu proses penurunan berat badan, serta tubuh juga membutuhkan lemak untuk proses pembakaran yang lebih efektif.

Program pengelolaan berat badan berbasis ilmiah dengan pendekatan personal dan berkesinambungan yang dihadirkan Amway melalui BodyKey, ini pertama adalah menjalani diet sehat, yang  kemudian disusul lima langkah penting, lanjut Kristin. Hal ini meliputi :

  1. Mind Set, dengan berkomitmen menjalani program diet dan aktivitas fisik sebagai investasi untuk hidup sehat hingga usia lanjut.
  2. Banyak orang yang dihinggapi stres maka ia akan kesulitan mengontrol asupan makanan,  yang menyebabkan timbulnya kegemukan.
  3. Aktivitas fisik, yang bisa dimulai misalnya dengan jogging atau bersepeda.
  4. Istirahat malam, sebanyak 7 hingga 9 jam. Diawali dengan membatasi waktu makan dan minum, empat jam sebelum tidur.
  5. Kebiasaan makan. Kapan waktu Anda makan, itu sama pentingnya dengan apa yang Anda makan.

Program BodyKey by Nutrilite™ menekankan pentingnya memahami kondisi orang per orang sebelum memberikan rekomendasi program yang tepat. Sebab, kami yakin masing-masing individu memiliki aktivitas, pola makan, tingkat stres, tingkat kualitas tidur, hingga pola pikir yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Uniknya, faktor-faktor itulah yang berdasarkan penelitian kami menjadi variabel penting dalam membantu setiap individu mewujudkan berat badan yang ideal,” ujar Kristin L. Morris.

Mulailah dengan menjalani gaya hidup sehat dan penuh disiplin maka tubuh dan berat badan ideal Anda akan menjadi aset terpenting dalam menunjang aktivitas keseharian Anda. (Nayunda Hz)