10 Kiat menata rumah tangga pascaselingkuh

Banyak alasan seseorang berselingkuh. Tapi bagaimana kiat membina kembali hubungan dengan pasangan yang sudah retak karena itu?

Hampir dipastikan, semua orang yang sudah menikah mendambakan kehidupan rumah tangganya harmonis. Tapi di tengah “berlayarnya ” bahtera rumah tangga, kita tak bisa melupakan dua karakter berbeda di dalamnya. Berbeda kepribadian, sifat, karakter, latar belakang keluarga, serta berbagai masalah dihadapi antara satu dan lainnya.

Selingkuh2Bisa jadi, kehidupan perkawinan pada kenyataan berikutnya tak seindah dan seromantis yang diharapkan. Kalau sudah demikian, kondisi itu semakin membuka peluang timbulnya perselingkuhan. Menurut Debbie Layton-Tholl, beragam alasan orang melakukan affair. Psikolog itu merincinya, mulai perkawinan, kekosongan emosional, masalah pribadi masa lalu, kebutuhan mencari variasi dalam kehidupan seksual, sulit menolak “godaan”, marah kepada pasangan, tak bisa lagi mencintai pasangan, kecanduan alkohol atau obat-obatan, hingga dorongan yang membuat pasangan cemburu.

Namun, masalahnya, bagaimana jika istri Anda mengetahui bila Anda ketahuan berselingkuh? Apakah mungkin ada peluang untuk membina hubungan kembali? Meskipun pasangan yang Anda lukai sering sulit melupakannya, tentu bisa mudah untuk memaafkan perilaku Anda. Tak heran, tak mudah mengawali hubungan setelah terjadi perselingkuhan. Karena itu, wajar bila jalan menuju perbaikan akan mengalami pasang surut.

Berikut beberapa kiat menata rumah tangga pascaselingkuh.

selingkuh31. Meminta Maaf.

Jangan pernah berpikir Anda seorang pecundang di hadapan istri. Segeralah meminta maaf dan akui jika Anda telah melakukan kesalahan. Siap atau tidak, Anda harus bersikap jantan dan menerima tanggung jawab akibat ulah yang telah Anda lakukan. Meminta maaf tak akan menjatuhkan harga diri Anda. Justru dengan cara itulah Anda bisa menunjukkan tanggung jawab atas semua tindakan yang telah Anda lakukan.

2. Komitmen.

Bangun kembali ruma tangga Anda dengan sebuah komitmen bahwa Anda berjanji untuk tak akan selingkuh kembali. Ini bertujuan untuk mendapat kepercayaan dari istri Anda yang sudah hilang. Selain itu, sebagai langkah ke depan, Anda dan istri perlu memiliki tanggung jawab untuk membangun fondasi hubungan yang baru.

3. Masa Lalu.

Biarlah masa lalu bersama pacar gelap Anda menjadi sebuah kenangan dan bagian dari kehidupan Anda. Kini, mulailah Anda mengingat kenangan manis bersama sang istri. Lihat dan amati kelebihan yang dimiliki istri Anda. Jalani hidup ini dengan berfikir positif.

4. Membandingkan.

Ketika kembali dalam pangkuan keluarga, jangan pernah membandingkan istri Anda dengan “mantan” Anda. Karena hal terburuk yang dilakukan seseorang dalam membina hubungan baru adalah mengontraskan. Dan, tak semua hal positif yang dimiliki mantan kekasih Anda menjadi hal mutlak yang juga harus dimiliki dan dipenuhi oleh istri Anda, bukan? Ingat! Yang dibutuhkan adalah sebuah hubungan baru dan membuat hidup Anda lebih baik. Anda dapat merasakan bagaimana nikmatnya dicintai dan mencintai

5. Mendetail.

Jangan pernah menceritakan secara deatil hal-hal khusus mengenai hubungan gelap yang telah Anda lakukan. Suatu ketika, informasi secara rinci yang telah Anda sampaikan kepada istri bisa menjadi salah satu pemicu perselisihan di kemudian hari.

6. Berbeda.

Untuk menghilangkan masa lalu bersama mantan kekasih gelap Anda, lakukanlah sesuatu yang terbaru dan berbeda dengan istri Anda. Jalani sesuatu yang tak disukai oleh wanita gelap Anda. Wujudkan sesuatu yang disukai istri Anda. Misalnya, pergi ke pantai atau ke Puncak. Dijamin cara ini bisa menjadi terapi dan obat mujarab untuk melupakan kisah lalu Anda.

7. Hidup Santai.

Jangan pernah menghindar dari sebuah masalah. Hadapilah semuanya dengan santai dan tenang. Nikmati kebebasan dan pilihan hidup yang Anda inginkan. Kemudian, jangan pernah membebani pikiran dengan segudang kesempurnaan ketika menghadapi istri. Sebab, tak ada manusia yang sempurna. Terimalah kondisi positif dan negatif pada diri istri Anda, demi keutuhan bahtera rumah tangga. Enjoy-lah dengan kondisi sekarang.

selingkuh8. Terbuka.

Tak ada salahnya Anda bersikap terbuka terhadap istri. Katakan kepada istri apa yang Anda suka dan tidak dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Semua ini bertujuan untuk menghindari, bahkan menghilangkan permasalahan yang sering Anda alami di tengah kehidupan keluarga.

9. Introspeksi.

Ini yang harus dilakukan, mengapa Anda selingkuh? Cari dan dapatkan alasan pribadi yang mendorong Anda melakukan penyimpangan. Setelah itu, lakukan apa yang perlu diubah untuk menghindari terjadinya pengkhianatan berikutnya di kemudian hari.

10. Psikiater.

Tak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan tenaga berkonsultasi dengan tenaga ahli terapi untuk membantu mengembalikan hubungan Anda bersama istri pada jalur yang benar. Hubungan yang kuat didasarkan pada perasaan satu sama lain saling berpengaruh dan memiliki peran penting. Bila ini tak terjadi dalam suatu perkawinan, sudah saatnya untuk menciptakan keseimbangan tersebut, sehingga tak ada yang merasa tertinggal dalam hubungan itu. (Haris M)