Russanti Lubis

dari berbagai sumber

 

Inilaki.com  Siapa Jose & Kitty Menendez? Mungkin hanya sebagian kecil orang yang menetap di Beverly Hills, sebuah kawasan perumahan elit di Amerika Serikat (AS), yang mengenalnya seandainya tidak terjadi pembunuhan sadis terhadap pasangan suami istri (pasutri) tersebut.

Kabar pembunuhan sadis itu, langsung berhembus ke berbagai negara dan membuat Keluarga Menendez seketika menjadi sorotan masyarakat dunia.

Ya, pasutri Menendez itu bersama kedua anak laki-laki mereka, Lyle dan Erik, merupakan salah satu keluarga kaya raya di AS yang menetap di Beverly Hills. Bagi mereka yang mengenal keluarga ini, Keluarga Menendez dikenal sebagai keluarga yang harmonis.

Namun, image harmonis itu segera hancur berantakan, setelah kedua anak mereka melakukan pembunuhan keji. Dikatakan begitu, sebab Lyle dan Erik bersekongkol membunuh Ayah dan Ibu mereka dengan cara yang sangat mengerikan. Kakak beradik inimemberondong tembakan ke arah Jose dan Kitty hingga mereka benar-benar tewas.

Kabar pembunuhan sadis itu, langsung berhembus ke berbagai negara dan membuat Keluarga Menendez seketika menjadi sorotan masyarakat dunia. Tapi, mengapa Erik dan Lyle tega membunuh kedua orang tua mereka, padahal keduanya tumbuh tanpa kekurangan uang sedikitpun?

bw

Jose Menendez

Jose Menendez lahir di Havana, Kuba. Keluarganya memutuskan pindah ke Amerika Serikat (AS), saat terjadi kemelut Revolusi Kuba. Ketika itu, Jose baru berumur 16 tahun.

Ketika kuliah di Southern Illinois University, ia berkencan dengan Mary Louise “Kitty” Andersen. Lalu, keduanya menikah pada tahun 1963 dan pindah ke New York. Di sini, tepatnya Queens College, Jose meraih gelar sarjana dalam bidang akuntansi.

Selanjutnya, pasangan suami istri ini memiliki dua anak laki-laki. Pertama, Joseph Lyle Menendez (Lyle) yang lahir di New York City, New York, pada 10 Januari 1968. Kedua, Erik Galen Menendez (Erik) yang lahir pada 27 November 1970 di Blackwood, New Jersey.

Mendez2

Tidak lama setelah menikah, Jose bekerja di sebuah kantor akuntan, Coopers & Lybrand. Kemudian, ia pindah ke Chicago, Illinois, setelah salah satu tugas auditnya terhadap sebuah perusahaan di Chicago, Lyon Container, membuat manajemen perusahaan tersebut sangat terkesan dan selanjutnya menawarinya posisi sebagai pengawas perusahaan mereka.

Di Lyon Container inilah, Jose berhasil menempati posisi puncak. Tapi, jabatan itu tidak lama digenggamnya, setelah ia berdebat dengan sang CEO (Chief Executive Officer) tentang misi perusahaan. Lalu, sang CEO pun melakukan “kudeta” di ruang rapat untuk melengserkan Jose.

Lantas, Jose memindahkan keluarganya ke Princeton, New Jersey. Di kota inilah, ia (saat itu berumur 35 tahun, pen.) bekerja untuk The Hertz Corporation (anak perusahaan Hertz Global Holdings Inc yaitu sebuah perusahaan rental mobil di AS yang memilik cabang di 150 negara di seluruh dunia, pen.), sebagai manajer umum bagian leasing.

Hal ini terjadi, setelah ia gagal meraih peluang sebagai CEO di The Hertz Corporation. Selanjutnya, ia dipindah tugaskan ke RCA (yang pada saat itu masih milik The Hertz Corporation). Sekadar informasi, RCA (Radio Corporation of America) adalah sebuah perusahaan elektronik Amerika yang hadir pada tahun 1919−tahun 1986. Lalu, pada tahun 1985, General Electric mengambil alih perusahaan tersebut.

Ketika Jose bekerja untuk RCA, perusahaan itu sedang dibebani oleh pengeluaran yang besar, gaji pegawai yang tinggi, dan hanya menelurkan beberapa hit. Jose pun bekerja keras untuk membalikkan masalah dengan melakukan kontrak kerja sama dengan banyak seniman populer Latin, seperti Eurythmics dan Jefferson Starship. Tapi, ia gagal mencegah merosotnya saham perusahaan ini.

Selanjutnya, melalui koneksinya dalam dunia bisnis hiburan, Jose pun terpilih sebagai CEO di Live Entertainment (Live Nation Entertainment), perusahaan hiburan terbesar yang dikenal karena Carolco Pictures Inc yaitu sebuah perusahaan produksi film Amerika independen, yang dalam satu dekade terakhir ini memproduksi film-film blockbuster, seperti Terminator 2: Judgment Day, Total Recall, dan sebagainya.

Dan, sekali lagi, Jose memindahkan keluarganya. Kali ini ke Calabasas, California, di mana anak-anak Menendez menghabiskan masa remaja mereka.

Kitty Menendez

Kitty Menendez merupakan mantan pemenang sebuah kontes ratu kecantikan, di salah satu negara bagian AS. Setelah menikah, Kitty bekerja sebagai guru. Tapi, ia berhenti dari pekerjaannya dan memutuskan hanya menjadi Ibu rumah tangga, setelah Lyle lahir.

MENDEZ1

Lyle dan Erik Menendez

Sewaktu di New Jersey, Lyle dan Erik Menendez disekolahkan ke Sekolah Dasar Princeton Day School. Lyle pun kuliah di Princeton University.

Lyle terkena masa percobaan akademis saat kuliah, karena nilainya yang buruk dan masalah disiplin. Ketika ia dituduh melakukan pencurian dan ditangkap karena mencuri di rumah teman orang tuanya di tahun pertama kuliahnya, ia diskors selama satu tahun.

Sementara Erik, setelah keluarganya pindah ke California pada tahun 1987, kuliah disebuah sekolah tinggi di Calabasas. Meski nilainya rata-rata saja, tapi ia unggul di bidang olahraga tenis. Sama dengan Abangnya. (bersambung)

error: Content is protected !!