[dropcap size=big]S[/dropcap]anta Monica Promenade merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan dining terpopuler di Los Angeles. Lokasinya sangatlah elok dan juga strategis karena berada di sebelah Samudra Pasifik. Sabtu kemarin, Konsulat Jenderal Republik Indonesia berkolaborasi dengan Indonesian Trade Promotion Center dan Indonesian Women Alliance untuk menyelenggarakan acara Explore Indonesia 2016: Wear Batik, Drink Coffee! Acara ini diadakan dalam upaya untuk memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Amerika. Acara ini berlangsung sangat sukses. Antrian di coffee bar tak ada henti.

explore-indonesia-crowdAcara ini bukan hanya sekedar pameran batik dan kopi tetapi juga menghadirkan talent-talent yang berasal dari Indonesia. Di dalam acara ini terdapat acara fashion show batik-batik karya desainer Indonesia. Di samping itu Maya Hasan, seorang pemain musik harpa, juga memainkan beberapa lagu mulai dari tradisional sampai moderen.  Ima Matul, korban perdagangan manusia, yang sekarang menjadi tokoh pejuang pemberantas perbudakan pun turut berbicara di panggung. Livi Zheng, sutradara Indonesia yang dikenal melalui film perdananya Brush with Danger yang distributornya baru-baru ini menandatangani kontrak dengan SONY Home Entertainment untuk peredaran yang lebih luas, juga turut menghadiri sekaligus memperkenalkan film terbarunya, Insight, yang rencananya akan tayang tahun depan.

[su_youtube_advanced url=”https://www.youtube.com/watch?v=Sn1ibnvrn4s” width=”800″ height=”420″ autoplay=”no” loop=”yes” modestbranding=”yes”]

Meriahnya acara tidak hanya dirasakan oleh para turis dan juga pendatang lokal di Santa Monica, banyak dari para hadirin juga adalah orang Indonesia yang sedang tinggal di Amerika. Untuk meramaikan suasana, bahkan Bapak Konjen Umar Hadi turut mengisi acara dengan menyanyikan lagu-lagu yang merdu.

livi-zheng-di-panggungExplore Indonesia ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 24 dan 25 September 2016, di Third Street Promenade, Santa Monica dan UCLA Fowler Museum.

Di samping menghadirkan batik dalam Explore Indonesia, Indonesian Women Alliance juga mengikutsertakan lima desainer Indonesia dalam pekan peragaan busana Los Angeles Fashion Week yang berlangsung 28 September – 2 Oktober 2016. Mereka yakni Oscar Lawalata, Ivan Gunawan, Rinda Salmun, Aurelia Santoso dan Nonita Respati. Instagram dan Twitter Livi Zheng: @LiviZheng (Dohand)