Mendokrak karier dalam masa sulit

Selama ini masih banyak yang merasa malas berinisiatif di kantor, lantaran dirinya khawatir beban kerjanya akan berlebihan. Selain itu, alasan yang paling sering dikemukakan adalah khawatir dirinya dicap carmuk (cari muka, red). Padahal, jika Anda terus terbebani pada anggapan semacam ini, justru akan menghambat Anda untuk mendapatkan promosi karier yang lebih tinggi. Kesuksesan yang telah Anda raih pun akan mengalami kemunduran. Bagaimana sebaiknya?

Anda tak perlu takut-takut berinisiatif di kantor. Caranya. antara lain, jika di kantor ada proyek penting yang akan dikerjakan sedangkan Anda tidak dilibatkan dalam proyek tersebut, Anda perlu berinisiatif. Bila Anda merasa mampu, tak perlu malu untuk menawarkan diri dalam proyek itu. Masalah ditolak atau diterima, itu urusan belakangan. Yang penting, Anda harus mengajukan argumen yang kuat bahwa Anda mampu dan memiliki ide-ide cemerlang untuk proyek tersebut.

Memang, banyak hal yang mendukung agar Anda meraih promosi jabatan yang lebih tinggi. Tapi, paling tidak ada beberapa kiat dari para konsultan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan untuk memudahkan promosi karier Anda Dengan begitu, karier Anda pun akan menanjak.

Bentuknya bisa berupa promosi jabatan yang lebih tinggi, kenaikan gaji, bonus, dan lain-lain. Ini merupakan dampak dari prestasi kerja Anda yang terus membaik.

Berikut, langkah-langkah yang dapat Anda tempuh menuju suatu promosi:

  1. Tangkas dan cerdas Hari-hari kerja selalu dipenuhi dengan keadaan yang tidak terduga dan penuh kejutan. Bagaimana Anda mengatasi problem kagetan itu menjadi kredit poin tersendiri bagi karier Anda. Tetap tersenyum dan bersikap tenang akan member kesan pada atasan Anda betapa tidak gentarnya Anda terhadap masalah masalah kagetan itu.
  2. Siap melebarkan sayap tanggung jawab. Keinginan Anda mengemban tanggung jawab yang lebih besar akan mengesankan pimpinan Kemudian inisiatif Anda bertanya dan memberi saran juga merupakan nilai lebih. Kesediaan Anda meluangkan waktu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang se1alu siap dalam segala suasana.
  3. Banyak bekerja sedikit bicara.  Tak ada salahnya, jika Anda menyelesaikan tugas setepat mungkin. Kemudian, hindari pembicaraan yang tak perlu didiskusikan. Jika Anda terlalu banyak bicara tanpa didukung tindakan yang nyata, tentunya ini akan membahayakan posisi Anda.
  4. Promosi terselubung. Siapa bilang kalau promosi atau usaha Anda itu harus digembar-gemborkan dan dibuat sebuah pengumuman jika ini terjadi, bisa-bisa membuat runyam rencana Anda dan dimanfaatkan teman yang punya niat jahat. Pastikan ide dan usaha promosi Anda jatuh ketangan yang tepat.

 

  1. Lini Strategis. Bergabunglah dengan orang-orang yang berpengaruh dan dapat mempengaruhi percepatan karier Anda. Agar tidak mencolok, Anda bisa mengambil tempat duduk berdampingan saat makan siang. Jika Anda sudah melewatkan waktu dengan para eksekutif, jangan heran Anda telah dianggap sebagai kalangan dekat yang otomatis akan membuat jalan Anda tambah lancer. Tapi hati-hati, tetaplah pada prinsip “Don’t trust anybody”. Karena, tidak menutup kemungkinan orang yang Anda pilih justru menjadi boomerang bagi Anda.
  2. Dimintai pendapat. Seringnya dimintai saran, pendapat, dan masukan oleh rekan-rekan kerja merupakan salah satu pertanda bahwa mereka menghargai keahlian Anda. Mereka merespon dan mengakui keberadaan Anda secara positif. Karena, semakin keahlian Anda diakui, semakin mudah pula berakselerasi dengan pekerjaan dan lingkungan kerja Anda.
  3. Pertemuan formal. Hal lain yang menandakan bahwa karier mulai menanjak adalah seringnya Anda dilibatkan dalam pertemuan formal dan penting perusahaan. Atau, Anda juga diikutsertakan dalam pertemuan informal, seperti bermain golf atau santap bisnis. Ini menunjukkan, reputasi dan nama Anda mulai dikenal dalam tingkat atas dilingkungan kerja.
  4. Sabar. Tahukah Anda, salah satu kunci kesuksesan adalah kesabaran? Bagaimana tidak, orang yang tidak sabar akan sulit meraih impian dan cita-cita. Orang yang tidak sabar akan selalu meraih segala sesuatu dengan jalan pintas. Dan, umumnya jalan pintas bukanlah jalan yang “lurus”. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak cepat merasa kesal dan sebal, jika langkah yang sudah Anda lakukan tidak berhasil untuk mendongkrak karier Anda dikantor. Yang harus Anda perhatikan, meskipun promosi karier Anda tidak berjalan mulus, tetap pertahankan kedisiplinan, kepribadian, dan konduite Anda yang baik. Ini akan berguna untuk masa depan Anda dalam bekerja.

Selamat berjuang dan sukses untuk Anda.