Notice: Only variables should be passed by reference in /var/www/vhosts/e-preneur.co/public_html/inilaki.com/wp-content/themes/valenti/option-tree/ot-loader.php on line 98

Notice: Only variables should be passed by reference in /var/www/vhosts/e-preneur.co/public_html/inilaki.com/wp-content/themes/valenti/option-tree/ot-loader.php on line 326
Ingrid Lim, Kilau Panggung Retail – IniLaki.com

Titian karier wanita berparas elok, kelahiran Jakarta, ini sungguh menawan.  Menekuni pendidikan, dan menyandang S1 Design Interior, namun langkah penikmat buku Superpoer Mindfulness/Ajahn Bhram,  masuk dan mengepakkan karier di  Dunia  retail : pakaian, sepatu, tas  dan asesoris.

Bisa ditebak, tak sedikit  di antara  Profesional — muda terlebih — yang melepas  bidang pekerjaannya, — yang ditekuni sesuai latar pendidikan – karena dirasa  sudah tak lagi memberi tantangan. Untuk kemudian meraih kesempatan dan menghadapi tantangan baru di tempat lain.

Itulah nampaknya yang dijalani Ingrid Lim. Wanita kelahiran Jakarta, berkulit bening  yang memiliki cita-cita menjadi seseorang yang sukses di segala bidang.

Berawal tahun 2004, ia menekuni bidang pekerjaan di bidang Design Interior.  Selama 2,5 tahun berlalu, Ingrid, akrab disapa,   kemudian pindah ke Retail, bergabung di  Informa selama 3 tahun, dan  di GAP, menghandle brand Guess selama hampir 4 tahun.

Tidak sampai di sana langkahnya.  Berlanjut, tepatnya tahun 2016, Ingrid bergabung di PT Mitra Adiperkasa (MAP), sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan retail  pakaian, sepatu, asesoris dan tas.

Mendudukki jabatan Brand Manager, ia  handle brand Sunglass Hut, kemudian ditambah brand Smiggle, mulai tahun 2018 hingga Oktober 2020.

Karier  penyuka  musik Pop 90an dan film My Best Friends Wedding, kian bersinar. Di penghujung 2020, Ingrid Lim, yang memegang filosofi bekerja untuk selalu menikmati dan menerima challenge apa pun dalam pekerjaan sehingga semuanya jadi lebih ringan, ini mendudukki jabatan Senior Brand Manager  untuk brand Adidas, yang dikenal dengan produknya : Sepatu Olah Raga & Casual, Baju Olah Raga serta Accessories Olah Raga seperti Topi, Tas Pinggang & Tas Olah Raga, Bola Basket dan Kaus Kaki.

Tentu tantangan baru ada di hadapan. Berikut petikan obrolan StylishOne dengan Ingrid Lim, sosok Profesional yang menjaga kebugaran  dengan rutin menjalani aerobic, renang dan lari :

Apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab dari posisi tersebut ?

Tugas saya  adalah Planner, Set Strategy untuk sales, promo, inventory, buying, pembukaan store serta Negosiator.

Tantangan yang kini Anda  hadapi ?

Bagaimana mempertahankan Brand image dan meningkatkan sales di tengah situasi pandemic Covid-19

Seberapa penting memiliki “Ide dan kreativitas” tinggi dalam  bekerja, dan bagaimana untuk bisa menghasilkan ide dan kreativitas  ?

Sangat penting karena dunia Retail sangat dinamis  dan harus penuh dengan kreativitas agar dapat berkompetisi dengan Brand lain. Ide dan kreativitas dapat dihasilkan dari hal apa yang bisa kita improve dari aktivitas yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Pernah merasa produktivitas menurun saat bekerja, sebab apa dan bagaimana  mengatasinya ?

Pasti pernah. Di saat awal-awal pandemi di mana Mall harus tutup selama beberapa bulan yang mengakibatkan kita kehilangan sales sehingga kita harus merubah strategi untuk lebih fokus berjualan via online.

Apa yang perlu dimiliki oleh Profesional seperti Anda dalam meraih kelancaran bekerja, dan sukses berkarier ?

Harus mempunyai basic skill merchandising dan  jeli dalam membaca demand market sehingga kita menjual produk yang tepat sasaran dengan demand market.

Menurut Anda, kenapa  konsumen harus memilih Adidas ?

Konsumen direkomendasi untuk memilih Brand ini karena Brand ini sudah sangat ternama di seluruh Dunia dengan kualitas produk yang baik,  harga yang terjangkau serta pilihan produk yang beragam dari model basic sampai fashion dan beragam warna yang bisa dipilih.

Beda yang dirasa : memegang produk Smiggle dan Adidas ?

Sangat beda karena Adidas lebih banyak varian, mulai dari sepatu yang mempunyai macam-macam klasifikasi. Begitu pula halnya dengan Apparel (Baju) dan  Accessories. Sehingga Adidas terlihat lebih complex dibanding Smiggle.

Bisa disampaikan, keberhasilan yang diraih dan dirasa paling membanggakan juga membahagiakan, adalah ketika ?

Launching Brand Smiggle dan mendapatkan penjualan yang fantastis karena Brand tersebut sedang happening.

Rencana ke depan ?

Meniti karier setinggi mungkin selama masih produktif.

Yang paling berkesan di tempat kerja ?

Mempunyai teamwork yang solid dan  kompak serta atasan yang supportive.

Ok. Di tengah kegiatan Anda yang cukup padat, kapan waktu Anda berileksasi dan  lebih memilih bersama siapa ?

Selama pandemiweekend, dan spend time lebih banyak dengan keluarga santai di rumah atau jalan-jalan ke mall dan supermarket untuk belanja kebutuhan rumah. Lain dari itu, hang out dengan keponakan  ke TMII, Museum atau nonton konser di Dubes Belanda (Erasmus Huis). Kalau dengan teman-teman via telepon atau videocall.

Penampilan dan gaya berbusana untuk seorang profesional menurut Anda seberapa penting ? Anda cenderung menyukai pakaian dan penampilan yang bagaimana  ?

Sangat penting karena dengan berpakaian yang rapih dan bila bisa mengikuti fashion akan lebih baik karena berpakaian yang baik berarti kita menghargai diri sendiri dan orang lain juga akan menghargai kita.  Saya cenderung menyukai pakaian dan  penampilan yang  casual dengan fashion yang basic dengan warna pilihan lebih ke monochrome, biru atau coklat serta pattern  polos.

Wajah dan tubuh atau penampilan Anda secara keseluruhan tampak menawan dan segar,  apa rahasianya ?

Bisa saja, tapi terima kasih untuk pujiannya. Rahasianya positive thinking dan konsumsi makanan yg sehat.

Kalau bisa disampaikan, sosok pria yang bagaimana  yang membuat Anda  jatuh cinta ?

Yang sabar, bijaksana dan selalu positif dalam segala hal.

Arti kebahagiaan untuk Anda adalah ?

Mensyukuri dan menikmati apa yang kita miliki. (Andriza Hamzah) Photo : Dok. Pribadi