Pagi hari memang paling enak ditemani dengan secangkir kopi. Apalagi saat seruput kopi, ada gorengan atau camilan lain yang melengkapi. Minum kopi biasanya disebut akan membuat kita segar dan terjaga sampai beberapa jam kemudian. Memang, minum kopi saat ini seolah dijadikan gaya hidup. Dari siang sampai malam, kopi menjadi teman banyak orang untuk bekerja atau saat santai mengobrol.

Nah, biasanya kita akan menambahkan gula ataupun krimer agar kopi lebih nikmat. Tapi, pernahkah Anda mencoba seduh kopi lalu dicampur dengan minyak kelapa?

Tambahkan minyak kelapa pada seduhan kopi ternyata miliki manfaat yang menakjubkan, lho! Daripada menambahkannya dengan pemanis lain, dari sekarang coba deh tambah kopi dengan sesendok minyak kelapa. Karena campran kopi dengan minyak kelapa bisa hadirkan manfaat tak terduga ini untuk kesehatan tubuh!

Manfaat Kopi Dicampur Minyak Kelapa

1. Mengatur Gula Darah

Ilustrasi memeriksa kadar gula darah

Ilustrasi memeriksa kadar gula darah (Designed by xb100 / Freepik)

Kopi cenderung menurunkan peluang Anda terkena diabetes bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Sementara itu, minyak kelapa membantu meningkatkan proses pengaturan gula darah dalam tubuh.

2. Meningkatkan Pencernaan

Kopi dikenal untuk membantu pencernaan dengan menurunkan penyerapan gula dalam tubuh. Minyak kelapa merangsang sistem pencernaan dan bermanfaat sebagai pencahar alami. Selain itu, kopi dengan minyak kelapa juga membantu meredakan radang usus.

3. Meningkatkan Metabolisme

Kopi dengan minyak kelapa membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh. Kafein sudah dikenal untuk meningkatkan laju metabolisme dalam jangka pende dan mampu membakar lemak. Meskipun minyak kelapa disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh, minyak kelapa dapat digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh secara instan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kopi mengandung antioksidan polifenol yang membantu mencegah penyakit jantung, berbagai jenis kanker, penyakit saraf, dan juga osteoporosis.

Sementara minyak kelapa terdiri dari 50% asam laurat, yang merupakan lemak sehat yang ditemukan dalam ASI. Asam ini memiliki sifat antimikroba yang membantu membunuh patogen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kopi dikenal bertindak sebagai stimulan ringan yang membantu orang memulai hari dengan penuh semangat. Membantu meningkatkan fungsi kognitif mereka dengan membangkitkan konsentrasi dan suasana hati orang-orang. Menambahkan minyak kelapa ke kopi akan meningkatkan kadar keton dalam tubuh kita dan menurut penelitian mereka membantu meningkatkan fungsi kognitif kita.

6. Menurunkan Berat Badan

Campuran kopi dan minyak kelapa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah studi dilakukan oleh beberapa peneliti yang menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan berat badan orang-orang yang menderita obesitas.

Berat badan turun saat hamil, ini cara mengatasinya

Berat badan turun saat hamil, ini cara mengatasinya (Freepik.com)

Penelitian ini dilakukan dengan cara diberikannya suplemen makanan bersama dengan 30 ml minyak kelapa atau minyak kedelai selama penelitian pada 40 wanita obesitas perut berusia 20-40 tahun.

Hasilnya, penurunan berat badan dan penguatan kadar kolestrol baik dalam tubuh. Ini hanya terjadi pada wanita yang mengkonsumsi minyak kelapa, bukan minyak kedelai.

Dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minyak kelapa dicampur dengan kopi yang memiliki fungsi yang sama dapat menambah kecepatan penguatan metabolisme tubuhmu.

Cara Membuat Kopi dengan Minyak Kelapa

1. Cara terbaik untuk membuat minuman kopi-minyak kelapa adalah dengan menyeduh secangkir kopi organik berkualitas tinggi dan memasukkannya ke blender.

Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa organik, campurkan, dan nikmati hasilnya. Untuk menambahkan rasa, kita juga boleh menambahkan parutan kelapa yang sudah diberi pemanis.

2. Jika Anda memutuskan untuk menambahkan minyak kelapa ke kopi Anda, lakukan dengan bertahap. Mulai dari satu sendok makan. Cukup masukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam cangkir kosong, tuangkan kopi panas ke dalamnya dan aduk.

Setelah beberapa saat, Anda dapat mulai menambahkan dua sendok makan.