* Sarah Barkley
(diterjemahkan bebas oleh Russanti Lubis)  

Ketika pria muda lebih memilih perempuan yang lebih tua sebagai pasangannya, banyak pihak menganggapnya sebagai hubungan yang tidak lazim. Lalu, bermuncullah berbagai penilaian negatif pada pria muda tersebut.

Menurut psikolog, hubungan semacam ini wajar. Sebab, di mata pria muda tersebut, wanita yang lebih tua mempunyai lebih banyak pengalaman hidup yang menarik baginya. Terutama, tingkat kedewasaannya.

Di sisi lain, pria pada umumnya menginginkan hal-hal yang berbeda dari sebuah hubungan. Sementara perempuan yang lebih tua menginginkan hal-hal yang berbeda daripada yang diinginkan wanita yang lebih muda. Keinginan yang berbeda inilah, yang membuat pria muda tertarik ke wanita yang lebih tua.

Sebelum memahami mengapa pria muda lebih suka dengan wanita yang lebih tua, penting untuk memahami terlebih dulu apa yang diinginkan pria dalam suatu hubungan. Kebanyakan pria cenderung mencari hal yang sama, disadari atau tidak. 

Ketertarikan

Pria mencari ketertarikan yang kuat dalam suatu hubungan dan mereka ingin ketertarikan tersebut bertahan lama. Hal ini dapat terjadi jika Anda menjadi diri Anda sendiri sejak awal. Jika Anda mulai berubah segera setelah hubungan dimulai, mereka akan berhenti tertarik pada Anda.

Hubungan Emosional

Meski pria tidak selalu menunjukkan perasaan mereka sesering wanita, mereka ingin terbuka kepada pasangannya. Jika dia putus asa di depan Anda, dia ingin tahu apakah Anda akan menghakiminya atau bahkan berhenti mencintainya.

Rasa Hormat

Seorang pria tidak ingin diremehkan oleh pasangannya. Karena itu, dia akan mencari seseorang yang tidak melakukan hal itu. Dia juga tidak ingin dikritik secara berlebihan. Anda juga harus menghindari membandingkannya dengan pria lain atau memperlakukannya seperti anak kecil.

Pujian

Pria ingin tahu kapan mereka melakukan sesuatu dengan baik atau kapan Anda menghargai apa yang mereka lakukan. Mereka akan mencari wanita yang memuji mereka. Karena, hal itu membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri.

Menerima Apa Adanya

Pria tidak menginginkan wanita yang mencoba mengubah mereka. Mereka menginginkan pasangan yang menerima mereka dan mencintai mereka, meski memiliki kekurangan.

Rasa Aman

Pria menginginkan seseorang yang dapat diandalkan dan jujur.

Kedewasaan

Pria menginginkan hubungan yang dewasa. Melempar, mengancam, dan menolak berkomunikasi adalah tanda-tanda ketidakdewasaan.

Menyenangkan

Pria menginginkan wanita yang menyukai petualangan dan memiliki selera humor. Mereka ingin tertawa dan bersenang-senang dengan pasangannya. Selain itu, mereka menginginkan seseorang yang nyaman mencoba hal-hal baru dan sesekali melepaskan diri.

Memberi Ruang

Pada saat yang tepat, pria menginginkan ruang untuk menyendiri sesekali. Memiliki wanita yang rela memberinya ruang tanpa merasa kesal sangat ideal untuk mereka.  Berikut beberapa alasan mengapa pria muda lebih memilih perempuan yang lebih tua:

Pada Umumnya Lebih Cerdas

Pria menginginkan wanita yang dapat mereka ajak bicara dan terhubung pada tingkat yang lebih dalam. Wanita dewasa memiliki lebih banyak pengalaman hidup, mereka cenderung melakukan percakapan intelektual lebih baik daripada wanita yang lebih muda. Plus, mereka cenderung tahu lebih banyak tentang peristiwa dunia.

Beberapa topik yang suka didiskusikan pria dengan pasangannya yakni politik, masalah dunia, media, dan agama. Wanita yang lebih tua cenderung lebih nyambung diajak berdiskusi tentang topik-topik itu. Sedangkan dengan wanita yang lebih muda, beberapa pria berpikir bahwa percakapan akan berkisar pada drama dan pengalaman yang tidak berguna.

Tahu Apa yang Diinginkan

Wanita dengan lebih banyak pengalaman hidup lebih sadar akan apa yang mereka inginkan dalam hidup daripada wanita yang lebih muda. Karena, mereka lebih yakin dengan apa yang mereka inginkan (wanita yang lebih tua memiliki proses berpikir yang jelas dan fokus). Pria menginginkan wanita dengan tujuan yang bermakna dan mampu memenuhinya. Hal itu lebih mudah ditemukan pada orang yang lebih tua.

Karena pemikirannya yang jernih dan fokus, para wanita ini cenderung memiliki rencana yang konkret. Mereka fokus untuk mencapai tujuan mereka daripada hal-hal yang dangkal dan mereka ingin berkembang secara positif. Plus, mereka ingin melihat orang-orang di sekitar mereka bekerja sebaik mereka.

Karena mereka tahu apa yang mereka inginkan, mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu dengan seorang pria. Beberapa wanita yang lebih muda akan tetap menjalin hubungan, meski mereka tidak bahagia. Tapi, wanita yang lebih tua akan pergi. Pria ingin berada dalam hubungan di mana mereka tidak perlu menebak apa yang dirasakan orang lain.

Kaya Pengalaman Hidup

Perempuan yang lebih tua memiliki lebih banyak pengalaman hidup daripada wanita yang lebih muda. Pria menyukai ini, karena mereka bisa mendapatkan perspektif lain tentang masalah kehidupan. Selain itu, pria bisa mendapatkan nasihat yang baik dari wanita yang lebih tua dan wanita yang lebih tua dapat membantu mereka lebih cepat dewasa.

Pria tertarik pada seseorang yang dapat memberi mereka pandangan realistis tentang situasi. Mereka ingin merencanakan apa yang mungkin terjadi dan memiliki seseorang yang berpengalaman akan membantu.

Pria juga menginginkan seseorang yang akan membantu mereka tumbuh secara intelektual, yang dapat dilakukan oleh wanita yang lebih tua. Pengalaman hidup mereka memungkinkan mereka membantu orang yang lebih muda belajar dan tumbuh.

Kedewasaan Emosional

Pria tidak berurusan dengan ketidakdewasaan jika mereka memilih wanita yang lebih tua. Salah satu alasannya yakni mereka tidak melakukan permainan pikiran seperti yang dilakukan wanita yang lebih muda. Sehingga, pria dapat percaya diri dalam hubungan ini.

Wanita yang lebih tua juga dapat membantu pria yang lebih muda untuk tumbuh secara emosional, yang merupakan keuntungan lain. Mereka akan belajar mengelola, memproses, dan memahami perasaan mereka lebih baik dengan wanita yang lebih tua untuk membantu mereka.

Perilaku Lebih Tenang

Karena wanita dewasa telah belajar bagaimana menangani emosi mereka, perilakunya tidak sesibuk wanita yang lebih muda. Wanita yang lebih tua lebih tenang. Sehingga, pria lebih mampu menebak apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Percaya Diri

Sementara wanita yang lebih muda cenderung membutuhkan perhatian terus-menerus, wanita yang lebih dewasa mungkin tidak membutuhkan ini. Wanita yang lebih tua lebih percaya diri dan tidak membutuhkan kepastian terus-menerus bahwa mereka diperhatikan.

Namun, tidak berarti mereka tidak menginginkan perhatian, tapi mereka lebih fokus pada hal-hal lain. Mereka tahu siapa mereka dan apa yang penting dalam hidup, yang membuat mereka lebih percaya diri.

Mandiri Secara Finansial

Pria juga menyukai kemandirian finansial wanita. Karena, merasa nyaman mengetahui pasangannya tidak bersama mereka demi uang.

Saling Menghormati

Pria ingin berada dalam hubungan di mana mereka dihormati dan menghormati wanita mereka. Mereka menghormati wanita yang lebih tua, karena telah sukses dan bekerja keras. Mengetahui pasangan mereka berdedikasi dan gigih dalam perjalanannya menuju kesuksesan, membuat mereka menghormati secara instan.

Dukungan Emosional yang Kuat

Wanita yang lebih muda belum menemukan kematangan emosional. Sehingga, belum mampu memberikan dukungan emosional secara maksimal. Sementara wanita yang lebih tua, sangat mampu melakukan hal ini. Karena wanita dewasa telah mengalaminya sebelumnya, mereka tahu jenis dukungan emosional apa yang ditawarkan kepada pria yang stres dengan kehidupan mereka. Setelah psikolog membantu menjelaskan alasan mengapa pria muda cenderung lebih memilih pasangan yang lebih dewasa, maka sekarang “misteri” itu lebih bisa dipahami. Alasan itu cukup logis dan sejalan dengan apa yang diinginkan pria dalam suatu hubungan.

Catatan: Sarah Barkley adalah seorang blogger gaya hidup dan penulis lepas dengan gelar sarjana sastra. Dia mempunyai pengalaman dalam hal-hal yang berhubungan dengan pengasuhan, pernikahan, dan kehidupan sebagai orang tua milenial.